LIPI (Balai Informasi dan Konservasi Kebumian) Gelar Lomba Debat dan Karya Tulis

POSTER 50TahunLIPI

KEBUMEN – Guna memeriahkan HUT ke-50 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Balai Informasi dan Konservasi Kebumian LIPI Karangsambung Kebumen menggelar berbagai lomba, seperti lomba karya tulis ilmiah remaja dan debat pelajar.

Staf BIKK LIPI Karangsambung Suyamto kemarin mengungkapkan, tema kegiatan adalah “Kiprah 50 Tahun LIPI dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa Melalui Pemahaman Ilmu Kebumian’. “Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi sarana penyedia informasi dan sosialisasi bagi masyarakat luas.

Khususnya bagi masyarakat Kebumen dan sekitarnya untuk lebih mengenalkan dan memasyarakatkan ilmu kebumian,” jelas dia. Suyamto mengatakan, jenis kegiatan meliputi lomba fotografi untuk umum, lomba karya tulis ilmiah remaja (KIR) bagi siswa SMA/sederajat se Kabupaten Kebumen.

Kemudian lomba debat untuk siswa SMP/sederajat se Kebumen dan lomba menggambar bagi siwa SD/sederajat se Kebumen. Untuk lomba fotografi bagi umum batas pengumpulan karya 27 Agustus. Lomba debat pelajar SMP/sederajat dibatasi hanya 27 pendaftar tercepat dan batas pendaftaran 27 Agustus.

Lomba menggambar untuk siswa SD kelas 4 dan 5 peserta dibatasi sampai 100 pendaftar tercepat. Batas pendaftaran sampai 27 Agustus dan panitia hanya menyediakan kertas sehingga alat gambar diharap membawa sendiri.

Lima Orang

Untuk lomba karya tulis ilmiah remaja pendaftaran juga sampai 27 Agustus. Peserta yang terpilih lima orang menyajikan tulisan dan presentasi. Bagi peserta yang ingin mendapatkan penjelasan lengkap bisa langsung datang ke Sekretariat Balai Informasi dan Konservasi Kebuman LIPI Karangsambung Jalan Karangsambung-Sadang Km 19, Desa Karangsambung.

Informasi juga bisa diakses melalui sarana media sosial antara lain web:karangsambung.lipi.go.id, atau https://karangsambung. lipi.go.id/50-tahun-lipi. Twitter: @lipikarsam dan twitter.com/lipikarsam.

Bisa pula diakses melalaui facebook. Peserta lomba tidak dipungut biaya dan disediakan hadiah menarik. BIKK LIPI Karangsambung merupakan salah satu balai yang dimiliki LIPI Pusat.

Keberadaan kantor di utara Kebumen itu karena di area tersebut yang meliputi tiga kecamatam (Karangsambung, Sadang dan Karanggayam) ditambah perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo terdapat zona bebatuan purba terlengkap di Asia.

Selama ini menjadi kampus alam bagi calon geolog dan peneliti kebumian di Indonesia. Saat ini Kepala BIKK LIPI Karangsambung dijabat Edi Hidayat.

sumber : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/lipi-gelar-lomba-debat-dan-karya-tulis/