Olimpiade Geologi Melange (OGM) 2019; Research and Explore Karangsambung – Karangbolong National Geopark

DSC_0137

Kebumen – Selasa, 24 September 2019. Pembukaan dan hari pertama berlangsungnya Olimpiade Geologi Melange (OGM) 2019 dengan tema “Research and Explore Karangsambung – Karangbolong National Geopark”. Kegiatan ini merupakan tahun kedua diadakannya OGM di Kampus Balai Informasi dan Konservasi Kebumian (BIKK) LIPI dan kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung (CAGK) sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Kawasan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong. Selama 3 hari mulai tanggal 24 s/d 26 September 2019 para peserta OGM akan dikenalkan lebih dalam mengenai ilmu geologi secara teori dan lapangan. Khususnya dengan metode lapangan diharapkan peserta OGM mampu memahami mengenai ilmu kebumian dengan cara yang lebih sederhana.

Tidak kurang dari 50 siswa dan guru pendamping dari 25 SMA/MA dari wilayah Jawa, Sumatera dan Kalimantan turut serta dalam kegiatan OGM yang diadakan oleh BIKK – LIPI. 25 tim yang masing-masing terdiri dari 2 orang siswa tersebut merupakan calon peserta yang sudah lolos tahap pra olimpiade berupa seleksi esai dan poster infografis terbaik sehingga berhak menjadi peserta OGM 2019. Antusiasme peserta dari luar Jawa yang patut diapresiasi adalah dengan wujud kedatangan mereka di kampus BIKK – LIPI yang lebih awal daripada peserta lain.

DSC_0257

Selaras dengan tugas dan fungsi BIKK – LIPI kegiatan OGM memiliki tujuan; menyebarluaskan informasi ilmu kebumian dan pengetahuan kebencanaan, meningkatkan pemahaman tentang ilmu kebumian khususnya geologi umum secara teori dan lapangan, memberikan gambaran dan pengenalan mengenai kegiatan penelitian yang dilakukan di bidang geologi, dan meningkatkan minat untuk belajar ilmu kebumian di wilayah CAGK.

DSC_0332 

Pada hari pertama ini para peserta yang terbagi dalam masing-masing tim harus mengerjakan tes tertulis yang terdiri dari satu paket soal dengan beberapa materi geologi dasar. Menjelang sore hari dilanjutkan dengan praktek penggunaan alat, dan untuk tes praktek berupa deskripsi batuan, mineral dan fosil dilaksanakan pada malam hari. (Humas BIKK – LIPI/dk)