Langkah Nyata Pengembangan Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong dengan Dukungan Bandara NYIA

1

Kebumen – Kamis, 4 Juli 2019. Menteri BUMN Rini M. Soemarno didampingi Dirut Angkasa Pura I, Dirut Pertamina, Wakil Dirut Bank Mandiri, Dirut TWC dan Dirut Perhutani berkunjung ke Balai Informasi dan Konservasi Kebumian (BIKK) LIPI atas undangan dari Pemkab Kebumen. Sekitar pukul 07:00 WIB dari bandara Adisutjipto Yogyakarta Menteri dan rombongan bertolak dari stasiun Maguwo menuju Kebumen dengan kereta inspeksi (KAIS) dan dilanjutkan ke pantai Menganti – goa Jatijajar – BIKK LIPI Karangsambung dan terakhir bukit Pentulu Indah.

Tujuan dari kunjungan ini adalah pengembangan geopark nasional Karangsambung-Karangbolong agar ramah wisatawan lokal dan mancanegara. Dengan dukungan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) diharapkan wisatawan mempunyai pilihan lain tujuan wisata yang kompetitif dan memiliki nilai edukasi. Tempat wisata tersebut antara lain geosite goa Jatijajar, pantai Menganti, BIKK LIPI Karangsambung dan bukit Pentulu Indah. Jarak dari NYIA menuju beberapa geosite tersebut antara 80 sampai 92 km atau bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2,5 jam dengan kendaraan pribadi. Transportasi dari bandara menuju Kebumen dapat memanfaatkan fasilitas kereta yang sudah terintegrasi dengan bandara, atau alternatif lain bisa dengan bus yang tersedia mulai dari kelas ekonomi sampai VIP.

2

Dengan andilnya beberapa BUMN dalam pengembangan geopark Karangsambung-Karangbolong diharapkan perencanaan ini akan efisien dan terealisasi dalam waktu dekat. Disamping itu fungsi dari geopark sebagai sarana konservasi, edukasi dan pengembangan ekonomi akan efektif dan tepat sasaran. Permasalahan-permasalahan yang selama ini menjadi kendala dalam pengembangan geopark antara lain merambahnya penambangan liar, maka dengan konsep geopark diharapkan mampu memberikan solusi dari sisi pengembangan ekonomi masyarakat sekitar.

3

Geosite BIKK LIPI Karangsambung sebagai pusat informasi ilmiah mengenai geopark menyajikan konsep museum batuan Melange beserta taman batuan, secara khusus geosite ini memadukan unsur edukasi dan konservasi kebumian. Geosite pantai Menganti dan goa Jatijajar memiliki konsep wisata pemandangan pantai dan tanjung yang tersusun dari batuan purba atau kawasan karst, dan geosite bukit Pentulu Indah menyajikan wisata pemandangan dan bentangan bukit batuan purba. (dk)