:: Informasi Kebumian ::

icon_informasi

web_3a
Informasi adalah Sekumpulan data/ fakta yang diorganisasi atau diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima. Data yang telah diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi si penerima maksudnya yaitu dapat memberikan keterangan atau pengetahuan. Dengan demikian yang menjadi sumber informasi adalah data.

Informasi dapat juga di katakan sebuah pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Nah, Informasi kebumian berarti segala data atau keterangan mengenai semua aspek kebumian, misalnya informasi mengenai karangsambung sebagai lokasi terjadinya subduksi antara lempeng hindia-australia dan eurasia.

Informasi kebumian terutama mengenai karangsambung menjadi penting karena unik dan menariknya lokasi ini. Di karangsambung terdapat batu yang berumur 117jt tahun yang lalu dan menjadikannya batuan tertua di jawa, selain itu fenomena ampitheater atau pembalikan topografi juga menjadi informasi penting mengenai proses yang telah berlangsung. Studi fenomena alam yang ada di karangsambung didasarkan dari kondisi geologi berpengaruh terhadap tanah, sumberdaya lahan dan air yang berdampak pada kondisi sosial-ekonomi kemasyarakatan. Penelitian bidang ilmu kebumian yang dilakukan dimaksudkan untuk mempelajari gejala dan fenomena alam yang berguna bagi kepentingan ilmu pengetahuan dan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat secara umum.